Dewa Hindu Budha

Dewa Hindu Budha

Kitab Arjuna Wiwaha

Kakawin Arjunawiwāha atau Kitab Arjuna Wiwaha adalah karya sastra kuno yang dikarang pada masa kekuasaan Raja Airlangga di

(Medang-Kahuripan). Adapun Pengarang Kitab Arjuna Wiwaha adalah Mpu Kanwa.

Mpu Kanwa menyusun kitah Arjunawiwaha pada 1030 M. Isi Kitab Arjunawiwaha adalah gubahan salah satu episode kisah dalam Kitab Mahabharata, yakni Wanaparwa. Kisah ini menceritakan pertapaan Arjuna di Gunung Mahameru untuk mendapatkan senjata yang akan memenangkan Pandawa dalam perang Bharatayuda.

Peninggalan Masa Hindu-Budha di Indonesia

Peninggalan Masa Hindu-Budha di Indonesia

Masa Hindu-Budha di Indonesia meninggalkan beragam peninggalan bersejarah. Berbagai jenis peninggalan masa Hindu-Budha di Indonesia itu adalah:

Dewa (Dewanagari: देव; ,IAST: Deva, देव) adalah kata dari bahasa Sanskerta yang berarti "terang", "mulia", "makhluk surgawi", "makhluk ilahi", "hal yang cemerlang",[1] dan dapat mengacu kepada suatu golongan makhluk gaib dalam agama Hindu.[2] Dewa merupakan istilah maskulin; padanan feminin untuk istilah tersebut ialah Dewi. Kata tersebut sepadan dengan istilah Latin "Deus" dan Yunani "Zeus".

Dalam sastra Weda Kuno, seluruh makhluk gaib dapat disebut "dewa"[3][4][5] dan asura.[6][7] Konsep tersebut akhirnya mengalami perkembangan dalam kesusastraan India Kuno, dan pada akhir periode Weda, makhluk gaib yang baik disebut Dewa-asura. Dalam sastra Hindu pasca-periode Weda, seperti Purana dan Itihasa, para dewa merupakan makhluk baik, sedangkan asura makhluk jahat. Dalam sejumlah karya sastra India Abad Pertengahan, para dewa juga disebut sebagai "sura", dan sifatnya bertolak belakang dengan saudara tiri mereka yang sama-sama sakti, yang disebut sebagai "asura".[8]

Para dewa, demikian pula para asura, yaksa (roh penunggu alam), dan raksasa (monster, setan), merupakan bagian dari mitologi India. Para dewa muncul dalam berbagai kisah-kisah kosmologis dalam agama Hindu.[9][10]

Dalam tradisi Hindu umumnya seperti Adwaita wedanta dan Agama Hindu Dharma, Dewa dipandang sebagai manifestasi Brahman dan enggan dipuja sebagai Tuhan tersendiri dan para dewa setara derajatnya dengan dewa lain. Namun dalam filsafat Hindu Dwaita, para dewa tertentu memiliki sekte tertentu pula yang memujanya sebagai Dewa tertinggi. Dalam hal ini, beberapa sekte memiliki paham monoteisme terhadap Dewa tertentu (lihat: Waisnawa).

Kata “dewa” (deva) berasal dari kata “div” yang berarti “bersinar”. Dalam bahasa Latin “deus” berarti “dewa” dan “divus” berarti bersifat ketuhanan. Dalam bahasa Inggris istilah Dewa sama dengan “deity”, dalam bahasa Prancis “dieu” dan dalam bahasa Italia “dio”. Dalam bahasa Lithuania, kata yang sama dengan “deva” adalah “dievas”, bahasa Latvia: “dievs”, Prussia: “deiwas”. Kata-kata tersebut dianggap memiliki makna sama. “Devi” (atau Dewi) adalah sebutan untuk Dewa berjenis kelamin wanita. Para Dewa (jamak) disebut dengan istilah “Devatā” (dewata).

Dalam kitab suci Regweda, Weda yang pertama, disebutkan adanya 33 Dewa, yang mana ketiga puluh tiga Dewa tersebut merupakan manifestasi dari kemahakuasaan Tuhan Yang Maha Esa. Dewa yang banyak disebut adalah Indra, Agni, Baruna dan Soma. Baruna, adalah Dewa yang juga seorang Asura. Menurut ajaran agama Hindu, Para Dewa (misalnya Baruna, Agni, Bayu) mengatur unsur-unsur alam seperti air, api, angin, dan sebagainya. Mereka menyatakan dirinya di bawah derajat Tuhan yang agung. Mereka tidak sama dan tidak sederajat dengan Tuhan Yang Maha Esa, melainkan manifestasi Tuhan (Brahman) itu sendiri.

Dalam kitab-kitab Weda dinyatakan bahwa para Dewa tidak dapat bergerak bebas tanpa kehendak Tuhan. Para Dewa juga tidak dapat menganugerahkan sesuatu tanpa kehendak Tuhan. Para Dewa, sama seperti makhluk hidup yang lainnya, bergantung kepada kehendak Tuhan. Dalam kitab suci Bhagawadgita diterangkan bahwa hanya memuja Dewa saja bukanlah perilaku penyembah yang baik, hendaknya penyembah para Dewa tidak melupakan Tuhan yang menganugerahi berkah sesungguhnya. Para Dewa hanyalah perantara Tuhan. Tuhan Yang Maha Esa melalui perantara Kresna bersabda:

sa tayā śraddhayā yuktas, tasyārādhanam īhate, labhate ca tatah kaman, mayaiva vihitān hi tān.

— Bhagawadgita (7:22)

Setelah diberi kepercayaan tersebut, mereka berusaha menyembah Dewa tertentu dan memperoleh apa yang diinginkannya. Namun sesungguhnya hanya Aku sendiri yang menganugerahkan berkat-berkat tersebut.

tirto.id - Kitab peninggalan masa Hindu-Budha di Indonesia merujuk pada beberapa karya tulisan yang disusun pada rentang waktu abad ke 4 sampai 16 Masehi. Pada masa itu, sejumlah pujangga, cendekiawan, hingga agamawan yang sebagian mengabdi pada kerajaan aktif menulis sejumlah karya yang hingga kini masih ada jejaknya.

Sudrajat dalam Diktat Kuliah Sejarah Indonesia Masa Hindu Budha (2012) menerangkan, tanda dimulainya sejarah masa kerajaan Hindu-Budha di Indonesia adalah Prasasti Yupa. Prasasti itu merupakan bukti sejarah Kerajaan Kutai di Kalimantan pada sekitar abad ke-4 M.

Pada masa yang sama juga tumbuh Kerajaan Tarumanegara di wilayah Jawa bagian barat. Setelah itu, muncul lebih banyak lagi kerajaan-kerajaan Hindu-Budha yang bukti sejarah keberadaannya lestari hingga kini, termasuk beberapa kitab atau lontar.

Misalnya adalah Kerajaan Kaling, Sriwijaya, Mataram Kuno (Medang), Kahuripan, Kediri, Singasari, hingga Majapahit. Keruntuhan Majapahit pada abad 15 M menandai perubahan drastis di nusantara, yakni kemunculan era kesultanan-kesultanan Islam.

Kitab Bharatayudha

Mpu Sedah dan Mpu Panuluh adalah pengarang Kitab Bharatayudha yang disusun ketika masa Raja Jayabaya (1135-1159) berkuasa di Kerajaan Kediri.

Kitab ini selesai disusun pada tahun 1157 M (1079 Saka). Karangan Mpu Sedah dan Mpu Panuluh tersebut berisi gubahan cerita perang Pandawa dan Kurawa di Padang Kurusetra.

Kitab Peninggalan Masa Hindu Budha di Indonesia

Kitab Peninggalan Masa Hindu Budha di Indonesia

Khusus karya tulis, ada banyak contoh kitab peninggalan masa Hindu-Budha di Indonesia yang dokumennya masih terjaga hingga kini sehingga bisa dipelajari para peneliti.

Daftar contoh kitab peninggalan masa Hindu-Budha yaitu sebagai berikut:

Pengarang Kitab Sutasoma adalah Mpu Tantular. Di dalam Kitab Sutasoma, terdapat kata "

" yang saat ini menjadi semboyan Negara Republik Indonesia. Kitab Sutasoma merupakan salah satu bukti sejarah Kerajaan Majapahit.

Mpu Tantular menyusun Kitab Sutasoma pada masa kejayaan Majapahit atau tahun 1300-an (abad ke-14 Masehi). Waktu penulisan kitab ini bertepatan dengan masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk, penguasa Majapahit yang paling sukses. Sutasoma pun memaparkan berbagai detail kondisi Majapahit pada abad 14.

Kitab Negarakertagama

Pengarang Kitab Negarakertagama adalah Mpu Prapanca. Sama dengan Sutasoma, Kitab Negarakertagama juga menjadi salah satu

Menurut catatan Slamet Muljana dalam Tafsir Sejarah Negara Kertagama (2006), tulisan Mpu Prapanca ini mengisahkan pendahulu Majapahit yang bernama Kerajaan Singhasari, beserta silsilah raja-raja dari wangsa Rajasa.

Kakawin Nāgarakrtāgama atau Kitab Negarakertagama juga memuat banyak sanjungan buat Raja Hayam Wuruk. Kitab yang sama menggambarkan pula kondisi kehidupan sosial, agama, politik, kebudayaan, sampai pemerintahan di Majapahit.

Kitab Pararaton kemungkinan disusun pada sekitar tahun 1535 Saka (1613 M). Pengarang Kitab Pararaton hingga kini belum diketahui.

Sebagaimana Negarakertagama, Kitab Pararaton juga mengisahkan riwayat dari Kerajaan Singasari dan Majapahit. Namun, Pararaton menyajikan versi cerita agak berbeda.

Dalam Kitab Pararaton, terdapat kisah hidup Ken Arok, sosok yang disebut sebagai pendiri Wangsa Rajasa yang berkuasa di Singasari dan Majapahit. Nama ini tidak terdapat dalam Kitab Negarakertagama.

Kitab Tantu Panggelaran

Kitab Tantu Panggelaran adalah karya sastra Jawa kuno yang ditulis pada tahun 1557 M. Ditulis dalam rupa prosa, kitab ini menggunakan bahasa Jawa Pertengahan. Pengarah Kitab Tantu Panggelaran tidak diketahui.

Isi Kitab Tantu Panggelaran mengisahkan asal-usul Pulau Jawa menurut versi pemikiran masyarakat Jawa pada era akhir Majapahit. Tantu Panggelaran juga menjadi sejenis buku panduan tentang semua bangunan suci (dharma) yang ada di Pulau Jawa.

Kitab Tantu Panggelaran mengisahkan asal mula keberadaan manusia di Jawa, ajaran tata kehidupan, hingga cerita pemindahan gunung mahameru dari India ke Pulau Jawa.

Item is already in your registry

Dalam Hinduisme, dewa dan dewi bukanlah Tuhan tersendiri yang menyaingi Brahman. Dalam Hinduisme ada banyak kepribadian, atau perwujudan, yang dipuja sebagai Dewa atau Murti. Hinduisme menyatakan bahwa mereka adalah aspek dari Brahman yang mulia; Awatara dari makhluk tertinggi (Bhagawan); atau dianggap makhluk yang berkuasa yang dikenal sebagai Dewa. Pemujaan terhadap setiap Dewa bervariasi di antara tradisi dan filsafat Hindu yang berbeda. Seringkali makhluk tersebut digambarkan berwujud manusia, atau setengah manusia, dengan ikonografi yang unik dan lengkap dalam setiap kasus.

Bhagawan adalah istilah yang dipakai untuk merujuk kepada aspek dari kepribadian Tuhan, bukan untuk dewa-dewi tertentu. Bhagawan tak memiliki jenis kelamin tertentu, bisa dipandang sebagai ayah atau ibu. Kebanyakan umat Hindu, dalam praktik pemujaan sehari-hari, memuja beberapa wujud dari aspek Tuhan tersebut, meskipun mereka percaya terhadap banyak konsep Brahman yang abstrak. Hal ini memungkinkan memuja Tuhan dengan perantara simbol atau gambar, atau membayangkan Tuhan sebagai wujud tertentu.

Terdapat berbagai nama serta gambar dan simbol-simbol yang berbeda, tergantung aspek yang mana yang dipuja. Sebagai contoh, ketika Tuhan bergelar sebagai pencipta, ia disebut Brahma oleh umat Hindu. Ketika Tuhan bergelar sebagai pemelihara, umat Hindu menyebutnya Wisnu. Ketika Tuhan bergelar sebagai pemusnah dunia, ia disebut Siwa.

Beberapa aspek individual dari Tuhan tersebut juga memiliki nama dan gambaran yang berbeda. Sebagai contoh, Kresna dan Rama dianggap sebagai penjelmaan Wisnu. Berbagai Dewa dan gambarannya yang ditemukan dalam agama Hindu dianggap merupakan manifestasi dari satu Tuhan, yang disebut Bhagawan dalam aspek kepribadian dan disebut Brahman ketika dianggap sebagai konsep abstrak.

Dalam agama Hindu, Trimurti (atau Tritunggal Hindu) adalah tiga aspek Tuhan dalam wujudnya sebagai Brahma, Wisnu, dan Siwa.

Agama Hindu menyebut adanya banyak dewa individual. Berbagai dewa dan dewi adalah personifikasi dari aspek Tuhan yang esa dan sama (Iswara). Sebagai contoh, ketika umat Hindu membayangkan Iswara sebagai pemberi ilmu dan pengetahuan, aspek Iswara tersebut diidentifikasi sebagai Dewi Saraswati. Dewi Laksmi adalah personifikasi Iswara sebagai pemberi kekayaan dan kemakmuran. Tidak berarti bahwa Iswara adalah penguasa segala dewa-dewi. Iswara hanyalah nama yang digunakan untuk merujuk kepada kepribadian Tuhan secara umum, dan tidak merujuk kepada dewa-dewi tertentu.

Beberapa perkumpulan sekte agama Hindu, seperti Waisnawa dan Smartisme, memberi pelajaran bahwa Tuhan turun ke bumi dalam wujud manusia atau makhluk tertentu untuk membantu mereka menemukan pencerahan dan kebebasan (moksa). Inkarnasi dari Tuhan disebut Awatara. Hindu mengajarkan bahwa ada banyak awatara sepanjang sejarah dan terus bertambah. Maka Kresna, yang tidak hanya dianggap sebagai salah satu inkarnasi namun sumber segala inkarnasi, mengatakan:

Kapan pun dan dimana pun pelaksaan dharma merosot dan hal-hal yang bertentangan dengan dharma merajalela, pada waktu itulah Aku sendiri turun menjelma, wahai keturunan Bharata. Untuk menyelamatkan orang-orang saleh, membinasakan orang-orang jahat dan untuk menegakkan kembali prinsip-prisnsip dharma, Aku sendiri menjelma dari zaman ke zaman.

(Bhagawadgita, 4.7-8)

Penjelmaan Tuhan yang terkenal adalah Rama, yang riwayatnya diceritakan dalam Ramayana, dan Kresna, yang riwayatnya diceritakan dalam Mahabharata serta Srimad Bhagawatam (Bhagawatapurana).

Teori Masuknya Agama Hindu dan Buddha ke Indonesia

Melalui jalur perdagangan, agama Hindu dan Buddha mulai hadir di Indonesia. Para pedagang tersebut mengajarkan agama Hindu dan Buddha ke Indonesia.

Baca juga : Ini Kerajaan Tertua Bercorak Hindu Budha di Indonesia, Simak Urutannya

Ada 5 teori yang cukup terkenal dalam menjelaskan masuknya agama Hindu dan Buddha ke Indonesia.

Menurut teori ksatria agama Hindu dibawa ke Indonesia oleh kaum militer atau prajurit dan bangsawan yang saat itu memegang kekuasaan di wilayah India. Teori ksatia dikemukakan oleh C.C. Berg, Mookerji, dan J.L. Moens,

teori ini menyatakan agama Hindu dan Buddha dibawa oleh kaum ksatria yang melalukan ekspedisi militer ke Indonesia.

Baca juga : Yuk Mengenal 6 Agama yang Diakui di Indonesia

Teori ini menyatakan kalau agama Hindu Buddha dibawa oleh pada pedagang India ke Indonesia. Agama Hindu masuk ke Indonesia dibawa oleh para pedagang India. Teori ini dikemukakan oleh N.J. Krom, yang berpendapat bahwa agama Hindu-Buddha masuk ke Indonesia dibawa oleh pedagang dari India.

Agama Hindu dan Buddha disebarkan dengan cara pernikahan, hubungan dagang, atau interaksi dengan penduduk setempat saat pedagang dari India dan bermukim di Nusantara yang secara spesifik merujuk kepada Indonesia atau kepulauan Indonesia di masa sekarang.

Baca juga: Yuk Kenali Sejarah Teori Masuknya Islam ke Indonesia

Baca juga : Prambanan dan Borobudur Bisa Untuk Kegiatan Keagamaan se-Dunia

Teori brahmana pertama kali dikemukakan oleh Jc.Van Leur. Teori ini menyatakan bahwa agama Hindu Buddha dibawa oleh kaum brahmana dengan dua cara, yaitu kaum brahmana dari India diundang raja-raja Indonesia dan kaum brahmana datang dari India bersama para pedagang ke Nusantara.

Teori yang dikemukakan oleh F.D.K Bosch menyatakan bahwa agama Hindu Buddha dibawa oleh orang Indonesia yang pergi belajar ke India dan ketika kembali dari India, mereka menyebarkan agama Hindu Buddha ke Indonesia.

Teori sudra dikemukakan oleh van Faber. Teori ini menjelaskan bahwa penyebaran agama dan kebudayaan Hindu Buddha di Indonesia diawali oleh para kaum sudra atau budak yang bermigrasi ke wilayah Indonesia.

Baca juga : 20 Twibbon untuk Memperingati Peran Penting Profesi Farmasi

Yuk, beri rating untuk berterima kasih pada penjawab soal!

Dewa-Dewi Hindu: Dewa Hindu, Dewi Hindu, Kresna, Ganesa, Rama, Wisnu, Sri, Nara Dan Narayana, Indra, Gangga, Sukra, Dattatreya, Batara Kala

General Books, 2011 - 64 Seiten

Sumber: Wikipedia. Halaman: 62. Bab: Dewa Hindu, Dewi Hindu, Kresna, Ganesa, Rama, Wisnu, Sri, Nara dan Narayana, Indra, Gangga, Sukra, Dattatreya, Batara Kala, Saraswati, Brahma, Diti, Daftar Dewa-Dewi Hindu, Siwa, Surya Majapahit, Agni, Baruna, Saranya, Laksmi, Tapati, Budha, Kartikeya, Bhairawa, Yama, Dyaus Pita, Parwati, Kali, Durga, Bayu, Trimurti, Kuwera, Radha, Kamajaya, Aditya, Witoba, Sani, Wrehaspati, Candra, Dhanwantari, Hayagriwa, Aditi, Aswin, Khatushyamji, Daksayani, Pertiwi, Anggaraka, Sawitri, Jagatnata, Kamaratih, Rewanta, Antariksa. Kutipan: Kresna IAST: dibaca ]) adalah salah satu dewa yang dipuja oleh umat Hindu, berwujud pria berkulit gelap atau biru tua, memakai dhoti kuning dan mahkota yang dihiasi bulu merak. Dalam seni lukis dan arca, umumnya ia digambarkan sedang bermain seruling sambil berdiri dengan kaki yang ditekuk ke samping. Legenda Hindu dalam kitab Purana dan Mahabharata menyatakan bahwa ia adalah putra kedelapan Basudewa dan Dewaki, bangsawan dari kerajaan Surasena, kerajaan mitologis di India Utara. Secara umum, ia dipuja sebagai awatara (inkarnasi) Dewa Wisnu kedelapan di antara sepuluh awatara Wisnu. Dalam beberapa tradisi perguruan Hindu, misalnya Gaudiya Waisnawa, ia dianggap sebagai manifestasi dari kebenaran mutlak, atau perwujudan Tuhan itu sendiri, dan dalam tafsiran kitab-kitab yang mengatasnamakan Wisnu atau Kresna, misalnya Bhagawatapurana, ia dimuliakan sebagai Kepribadian Tuhan Yang Maha Esa. Dalam Bhagawatapurana, ia digambarkan sebagai sosok penggembala muda yang mahir bermain seruling, sedangkan dalam wiracarita Mahabharata ia dikenal sebagai sosok pemimpin yang bijaksana, sakti, dan berwibawa. Selain itu ia dikenal pula sebagai tokoh yang memberikan ajaran filosofis, dan umat Hindu meyakini Bhagawadgita sebagai kitab yang memuat kotbah Kresna kepada Arjuna tentang ilmu rohani. Kisah-kisah mengenai Kresna muncul secara luas di berbagai ruang lingkup agama Hindu, baik dalam tradisi filosofis maupun teologis. B...

ANDA pasti sudah tidak asing dengan candi Borobudur, candi Prambanan, maupun peninggalan lain – berupa prasasti dan lain sebagainya, yang tersebar di Indonesia dan menjadi objek wisata popular.

Hal tersebut merupakan bukti bahwa pengaruh agama Hindu dan Budha di Indonesia cukup besar dan menjadi salah satu pembentuk keanekaragaman budaya di tanah air Indonesia.

Masuknya agama Hindu dan Buddha ke Indonesia berawal melalui jalur perdagangan.

Baca juga : 3 Peninggalan Kerajaan Majapahit, Mulai dari Candi, Prasasti Hingga Kitab

Pada masa tersebut, sebelum bangsa kolonial datang ke Nusantara, Indonesia melakukan transaksi perdagangan dengan bangsa asing, terutama Tiongkok dan India yang merupakan pusat agama Hindu dan Buddha terbesar di Asia.

Baca juga: Selama Nataru Seluruh Wilayah Indonesia Berstatus PPKM Level 3